Minggu, 04 Desember 2011

Business Plane

BUSINESS PLANE

Perencanaan Usaha Dalam Bidang Industri Textile
(Diajukan untuk memenuhi Tugas Ekonomi Pamong Ibu. Iis Krisnawati, SE)










Disusun Oleh Rahma Khairunnisa 12 Ap. 1







SMK TAMANSISWA CIBADAK
Jl. Perintis Kemerdekaan No 31 Tlp. (0266) 531335
CIBADAK – SUKABUMI



KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kita panjatkan Kehadirat Allah SWT, agar senantiasa memberikan perlindungan dan kemudahan dalam segala aktivitas kita. Salah satunya aktivitas yang dilakukan adalah pembuatan “Business Plane” dengan tujun mempelajari cara atau langkah – langkah dalam perencanaan bisnis.

Tujuannya yaitu untuk melatih dan belajar cara membuat sebuah Business Plane dan juga untuk melengkapi nilai Ekonomi yang kurang yang di tugaskan oleh Pamong Ibu Iis Krisnawati,SE.

Dengan tugas tersebut di dalam proses penyusunan yang saya kerjakan mungkin sangat  jauh dari kesempurnaan, hal ini disebabkan karena keterbatasan dalam menyusun Business Plane ini, karena saya masih dalam tahap pembelajaran.

Namun dalam penyusunan Business Plane ini saya telah berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai kesempurnaan dan hasil yang memuaskan. Saya berharap semoga Tugas  yang saya sususn yang berjudul “ Business Plane Tentang Perusahaan Textile“ dapat diterima dengan baik oleh pamong.
Atas segala perhatiannya saya ucapkan terimakasih, dan saya harap Pamong bisa memakluminya apabila penyusunan Tugas ini mengalami kesalahan.




Nopember 2011


Penyusuun,


DAFTAR ISI

Kata Pengantar................................................................................................................... 1
Daftar Isi............................................................................................................................. 2
1. Pendahuluan.................................................................................................................. 4
            1.1 Latar Belakang.................................................................................................. 4
            1.2 Nama dan Alamat Perusahaan......................................................................... 5
            1.3 Nama dan Alamat Pemilik Perusahaan............................................................ 5
            1.4 Nama dan Alamat Penanggug jawab............................................................... 5
            1.5 Informsai Bisnis yang Dilaksanakan................................................................. 5
2. Analisis Industri............................................................................................................. 7
            2.1 Perspektif Masa Depan Industri...................................................................... 7
            2.2 Analisis Persaingan.......................................................................................... 7
            2.3 Segmentasi Pasar yang Akan Dimasuki........................................................... 7
            2.4 Ramalan-ramalan Produk yang Dihasilkan..................................................... 8
3. Deskripsi Tentang Usaha............................................................................................... 9
            3.1 Produk yan Dihasilkan..................................................................................... 9
            3.2 Jasa Pelayanan................................................................................................ 9
            3.3 Ruang Lingkup Bisnis...................................................................................... 9
            3.4 Personalia dan Perlengkapan Kantor............................................................. 9
            3.5 Latar Belakang Identitas Pengusaha.............................................................. 10
4. Rencana Produksi......................................................................................................... 11
            4.1 Prosess Pabrikasi............................................................................................ 11
            4.2 Keadaan Gedung dan Perlengkapannya........................................................ 11
            4.3 Keadaan Mesin dan Perlengkapannya........................................................... 11
            4.4 Sumber-sumber Bahan Baku......................................................................... 11
5. Rencana Pemasaran.................................................................................................... 13
            5.1 Penetapan Harga........................................................................................... 13
            5.2 Pelaksanaan Distribusi.................................................................................. 13
            5.3 Promosi yang Akan Dilakukan....................................................................... 13
            5.4 Pengembangan Produk................................................................................. 14
6. Perencanaan Oprasional........................................................................................... 14
7. Bentuk Kepemilikan dan Struktur Organisasi........................................................... 15
            7.1 Struktur Organisasi..................................................................................... 15
7.2 Informasi Tentang Partner......................................................................... 15
            7.3 Uraian Tentang Kekuasaan........................................................................ 16
            7.4 Latar Belakang Anggota Tim Manajemen................................................. 16
            7.5 Peran dan Tanggung Jawab Personalia Dalam Organisasi....................... 17
8. Risiko........................................................................................................................ 18
            8.1 Evaluasi Tentang Kelemahan Bisnis........................................................... 18
            8.2 Gambaran Teknologi.................................................................................. 18
9. Perencanaan Permodalan........................................................................................ 20
            9.1 Proyeksi Aliran Kas..................................................................................... 20
            9.2 Analisa Titik Impas..................................................................................... 21
            9.3 Sumber – sumber Permodalan.................................................................. 21
10. Appendix................................................................................................................ 22
            10.1 Surat – surat............................................................................................. 22
            10.2 Dta Penelitian Pasar................................................................................ 22
            10.3 Surat- surat Kontrak dan Dokumen Perjanjian Lainnya.......................... 22
            10.4 Daftar Harga Dari Pemasok Barang........................................................ 22
            Surat Izin Usaha Industri.................................................................................. 23
            Surat Izin Tempat Usaha................................................................................. 23
            Surat Kontrak.................................................................................................. 24
            Surat Perjanjian.............................................................................................. 25








1.PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Dalam menjalankan suatu perusahaan diperlukan Perencanaan Bisnis (Business Plane). Business Plane merupakan perangkat yang tepat untuk memegang kendali suatu perusahaan dalam menjaga keseimbangan usaha agar perusahaan yang dijalankan tidak menyimpang. Business plane perlu disusun karena merupakan syarat dari sebuah usaha yang akan didirikan.

Dalam memulai usaha dalam bidang apapun, maka yang pertama kali harus diketahui adalah peluang pasar dan bagaimanan menggaet order.. Bagaimana peluang pasar yang hendak kita masuki dalam bisnis kita dan bagaimana cara memperoleh order tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, maupun kualitas. Yang ketiga adalah persiapkan mental dan keberanian memulai. Singkirkan hambatan psikologis rasa malu, takut gagal dan perang batin antara berkeinginan dan keraguan. Jangan lupa harus siap menghadapi resiko, dimana resiko bisnis adalah untung atau rugi. Semakin besar untungnya maka resikonya pun semakin besar. Yang terpenting adalah berani mencoba dan memulai. Lebih baik mencoba tetapi gagal daripada gagal mencoba.

Dalam menyusun Business plane ini kami memiliki tujuan yaitu menyatakan bahwa kami adalah pemilik perusahaan, membentuk kerjasama dengan perusahaan –perusahaan lain, memperkerjakan orang – orang tertentu yang memiliki keahlian untuk bergabung dan bekerja sama, dan menjamin adanya fokus terhadap tujuan yang ada dalam perusahaan.

Business Plane yang kami susun memuat nama dan alamat (lokasi) perusahaan yang dibentuk, nama dan alamat pemilik perusahaan, nama dan alamat penanggung jawab, analisis industri, deskripsi tentang usaha, rencana tentang produksi, rencana pemasaran, perencanaan oprasional, risiko, perencanaan permodalan, dan appendik.

1.2 Nama dan Alamat Perusahaan
Nama Perusahaan      : PT. TEXTILEINDO JAYA ABADI
Alamat                                    : Jl. Sriwijaya No. 46 Sukabumi Jawabarat

1.3 Nama dan Alamat Pemilik Perusahaan
Nama Pemilik             : 1. Rahma Khairunnisa, S.os
                                       2. Ira Karolin, S. AB
Alamat                                    :  1. Jl. Suryakencana No. 98 Sukabumi
                                        2. Jl. Siliwangi No. 130 Sukabumi

1.4 Nama dan Alamat Penanggung Jawab
Nama Penanggung Jawab      : 1. Muhammad Iqbal, SH
                                                   2. Gaga Andriana, SE
                                                   3. Ricky Fajar, S.Kom
Alamat                                                :  1. Jl. Primer No. 25 Sukabumi
                                                    2. Jl. Pahlawan No. 14 Sukabumi
                                                    3. Jl. Taman Pendidikan No. 10 Sukabumi

1.5 Informasi Bisnis Yang Dilaksanakan
Bisnis yang dilaksanakan bekerja dalam kegiatan bisnis industri, tepatnya di bidang industri textile/pakaian.
Perusahaan ini menghasilkan pakaian yang nantinya akan di ekspor ke luar negri, karena pakaian yang dihasilkan merupakan pakaian – pakaian yang sudah di pesan oleh perusahaan luar negri.
Negara –negara tujuan diantaranya negara-negara sahabat, seperti, Korea Utara, Korea Selatan, Cambodia, Thailand, Philipina, Vietnam, Australia, Rusia, Singapura, dan Brunnei.
Produk yang dihasilkan sangat berkualitas, karena jenis – jenis kainnya yang berkualitas tinggi. Seperti Kain Jenis Katun       , Kain Jenis Rayon Acetat, Kain Jenis Cotton, Kain Jenis  Polyester    , Kain Jenis  Spandex, danKain Jenis  Polymide /Nylon. Kain –kaintersebut merupakan kain yang berkualitas tinggi.
Dalam pembuatan bajunya pun digunakan mesin – mesin yang berkualitas, begitupula dengan pemotongan kain, peng obrasan kain, dll. Semua menggunakan mesin – mesin berteknologi tinggi.
Para pegawai yang dipilihpun pegawai yang sudah berpengalaman, baik pada bagian operator seperti Cutting, sewing, Checking, Iron, sampai packing. Begitupula pada bagian office, seperti administrasi, prsonalia, pemasaran, dll dipekerjakan para pegawai yang berkualitas dan berpengalaman.
Perolehan modal pun dihasilkan dari para pemegang saham, pinjaman dari BUMN, dan pinjaman dari Bank swasta. Karena jaminan yang diberikan perusahaan ini meyakinkan sehingga tidak sulit untuk meminjam suntikan modal kepada BUMN maupun Bank.
Perolehan keuntungan per pengiriman barang lumayan cukup besar, dan bisa menutupi biaya transportasi pengiriman, penggajian pegawai, pajak penghasilan, biaya oprasional seperti pembayaran rekening listrik, telpon dan air.
Karena pembentukan perusahaan ini baru rencana dan apabila terus berjalan hingga berlama – lama kemudian pasti pelanggan yang dimiliki akan lebih banyak. Karena dari awal pun sudah memiliki pelanggan dari 10 negara.
Adapula tujuan pembentukan Perusahaan ini yaitu untuk mengurangi angka pengagguran di wilayah Kuningan. Karena di wilayah tersebut terdapat banyak pemuda – pemudi yang status nya pengangguran.
Dan meningkatkan kurva perekonomian di negara indonesia agar   menjaadi negara maju dalam bidang industri. Sehingga dapat memajukan negara dan mengharumkan nama bangsa melalui kegiatan Bisnis Industri.

 






2. ANALISIS INDUSTRI

2.1 Prespektif Masa Depan Industri
      Karena perusahaan ini bekerja dalam bidang textile, sehingga dengan kemajuan zaman/teknologi yang semakin pesat maka produk yang dihasilkan tidak monoton  dan akan terus mengikuti perkembangan zaman, yang hasil produksi per periodenya berbeda model. Itupun sesuai dengan pesana atau permintaan pelanggan.
      Dan produk yang dihasilkan teidak akan mengalami kadaluarsa/atau sangat jauh dari resiko kerusakan produk, sehingga produk bisa bertahan lama.

2.2 Analisis Pesaingan
Persaingan merupakan salah satu resiko yang  lumrah dan selalu dihadapi oleh setiap perusahaan. Olehkarena itu persaingan yang perusahaan ini hadapi tergantung dengan situasi dan kondisi pasar.Seperti halnya harga pasar,model prodak, kualitas prodak yand diproduksi, mesin-mesin dan atau teknologi yang dimiliki, dll.

2.3 Segmentasi Pasar yang Dimasuki
      Hasil prodak yang telah dibuat akan dipasarkan ke luar negri/di ekspor. Karena sesuai dengan pesanan/permintaan dari pelanggan yang kebanyakan dari luar negri tentang prodak yang diproduksi oleh perusahaan ini.
      Adapun tujuannya untuk menghindari/mencegah timbulnya persaingan dalam negri dengan para pengusaha lain yang memasarkan prodaknya di dalam negri.
      Ada beberapa negara yanng menjadi tujuan pemasaran perusahaan ini diantaranya :
1.      Korea Selatan                 6.  Vietnam
2.      Korea Utara                   7.  Australia
3.      Cambodia                       8.  Rusia
4.      Thailand                         9.  Singapura
5.      Philipina                         10. Brunei

Pada umumnya negara tujuaN pemasaran sebagian besar pada wilayah Asia Tenggara, hal ini disebabkan karena partner yang dimiliki saat ini hanya 10 (sepuluh) negara saja, kemungkinan besar akan mendapatkan penambahan partner dalam hal penjualan apabila perusahaan ini berdiri lebih lama.

2.4 Ramalan-ramalan Produk yang Dihasilkan
Dalam kegiatan bisnis ini, perusahaan ini bekerja dalam bidang industri textile (pakaian). Yang di produksi sesuai pesanan pelanggan, seperti halnya di sesuaikan dengan mode pemesanan, perkembangan zaman, musim, dll.
























3. DESKRIPSI TENTANG USAHA

3.1 Produk Yang Dihasilkan
Karena kegiatan perusahaan ini dalam bidang Industri, tepatnya dalam bentuk textile/pakaian, jadi produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini adalan :
·         T’shirt
·         Swetter
·         Dress
·         Rok
·         Celana
·         Cardigan/Bolero

3.2 Jasa Peayanan
Pelayanan yang diberikan oleh perusahaan ini adalah proses pengirimannya yang di lakukan melalui jalur laut maupun jalur udara, biaya pengiriman pun di tanggung oleh perusahaan, dengan syarat jumlah pesanan melebihi 1500 pcs. Dan cara pemesanan pun mudah, hanya melalui media On Line, ataupu media komunikasi.
Proses transaksi pembayaranpun di lakukan Via Bank, sehingga mempermudah pelanggan untuk melakuka kegiatan transaksi. Serta proses pembayarannya pun bisa di cicil hingga pengiriman berikutnya, lebih kurangnya 2 (dua) bulan.

3.3 Ruang Lingkup Bisnis
Dalam bisnis ini, hanya mencakup tentang kegiatan industri di bidang textile saja, tidak memproduksi produk lain selain pakaian saja.

3.4 Personalia dan Perlengkapan Kantor
Personalia yang di bentuk sesuai dengan kriteria dan syarat yang berlaku, yaitu cara pemilihan pegawai yang berkualitas, merupakan tugas pokok bagian personalia, senhingga pembentuka bagian Personalia sangat ketat.
Perlengkapan yang digunakan sesuai kebutuhan. Yaitu seperti komputer, laptoop, telpn, hape, alat persetasi (in fous), meja dan kusi kerja, kertas – kertas, alat tulis, lemari, alat pencetak, dll.

3.5 Latar Belakang Identias Pegusha
Nama Pengusaha  :  Rahma Khairunnisa
TTL                                    :  Sukabumi, 14 Sepember 1985
Jenis Kelamin        :  Perempuan
Alamat                  :  Jl. Suryakencana No. 98 Sukabumi
Agama                   :  Islam
Pendidikan terakhir          :  S1 (Sarjana Sastra)
Waga Negara        :  Indonesia
Identitas diatas merupakan identitas seorang pengusaha  yang memimpi perusahaan ini, dan bedasarkan identitas, kemampuan, pengalaman, dan pendidkan yang dimilikinya pantas untuk memimpin sebuah perusahaan ini.
















4. RENCANA PRODKSI

4.1 Proses Pabrikasi
Pabrik yang dibentuk lokasiya berada didaerah kuningan jawabarat, tepatnya J Sriwijaya No. 46. Proses Kerja para pegawai dipekerjakan sesuai shift, yaitu shift  1 dan shift 2.
Shift 1 dipekerjakan mulaipkul 07.30pagi s/d 17.30. dan shit 2 mulai pukul 19.30 s/d 06.00 pagi. Di berlakukan uga sisti kerja lembur/sampai selesai (bila melakukan kegiatan eksport dan kekurangan target). Dan pegawai di liburkan keranya pada hari minggu, atau tanggal merah (hari – hari besar).

4.2 Keadaan Gedung dan Perlenkapannya
Keadaan gedung dan pabrk yang permanen, dan kokoh. Mulai dari tempat produksi, cuttng, sewing, checking, iron, s/d packing. WC, mushola, tempat parkir, kantin, pos satpam, dll terbentuk secra lengkap dan kokoh.
Mengenai perlegkapannya pun sanga kompilt, sehingga mendukung proses kerja dan mempermudah pegawa untk bekerja.

4.3 Keadaan Mesin dan Perlengkapannya
Mesin yang digunakan untuk proses produksi sangat bermutu baik, yaitu salah satunya mesin jahit yang menggunakan tenaga listrik (mesin Juki) dan keadaanya siap pakai, sehingga memudahkan pegawai untuk bekerja.
Begitupula perlegkapan lainnya. Tersedia degan lengkap. Seperi benang, gunting, penggaris, masker untuk menutupi hidung, dan alat – alat peengkap lainya sudah tesedia dengan lengkap.

4.4 Sumber – sumber Bahan Baku
BahanBaku yang diperoleh sangat berkualitas, sehingga tidak mengecewakan pelangan. Ba baku yan digukanpu diperoleh dar rekan bisnis yang lokal yang ada di dala negri, yang produksinya menghasilkan kain yang berkualias untuk untuk perusahaan ini.
Bahan bau yang diperolehpun tidak hanya dari 1 (satu) perusahaa saja. Perusaaan ini pu tetap bekerjasama dengan pesrusahaan lain yang menyediakan bahan baku untuk produk perusahaan ini.
Karna perusahaan yang menyediakan bahan baku untuk perusahaan ini masih di wilayah dalam negri sehingga sehingga tidak terlalu menyulitkan dalam proses pengirimanya dan juga tidak memerlukan banyak biaya.























5. RENCANA PEMASARAN

5.1 Peetapan Harga
Tentang perencanaan penetapan harga dihitung dan di sesuaikan/dikalkulasikan dengan biaya produksi, oprasional, gaji pegawai, pajak, biaya tak terduga, dll. Setelah dihitung dan di pertimbangkan harga baju paling mahal berkisar @ pcs nya $ 20.00. harga tersebut sudah di hitung dan disesuaikan.
Namun itupun sesuai dengan nilai tukar di dunia. Karena harga bahan baku juga sangat mempengaruhi. Dan harga pun seaktu – waktu bisa naik ataupun turun.
Perusahaan ini menjual prodak dengan maata uang Dollar karena penjualannya ke luar negri sehingga untuk mempermudah transakasinnya.

5.2 Pelaksanaan Distribusi
Pendistribusian barang dilakukan dengan menggunakan seseorang yang di tunjuk untuk mewakili perusahaan ini. Yang ditugaskan sebagai mediator  kepada perusahaan yang dituju. Sehingga setidaknya sedikit besarnya informasi yang di butuhkan tentang pendistribusian barang dapat diketahui.
Pemilihan seseorang untuk melaksanakan proses pendistribusian pun harus secara ketat dengan kriteria salah satunya jujur dan penuh perhitungan. Karena pendistribusian barang mempengaruhi kemajuan ataupun kemunduran suatu perusahaan.

5.3 Promosi Yang Dilakukan
Dalam kegiatan promosi ini yang ditunjukannya yaitu harga yang murah/wajar, kualitas produk yang istimewa, cara pesanan yang mudah, persyaratannya mudah, dan menyediakan fasilitas/pelayana lain yang bisa memuaskan pelanggan.
Cara penyebaran promosi ini dipublikasikan melalui media internet, media cetak adversiting, dll.


5.4 Pengembangan Produk
Produk dikembangkan sesuai meode/zaman yang sedang trend disejumlah negara. Ataupun sesuai dengan pesanan pelanggan. Bisa juga sesuai musim, misalnya pada musim dingin produk yang dihasilkan adalah berupa pakaian bertangan panjang,  sweeter,dll. Di musim gugur memproduksi tshirt, dll.





6.     PERENCANAAN OPRASIOAL

Masalah-masalah teknis yang menyangkut seluk beluk pekerjaan perlu dipersiapkan rapi. Mulai menghitung kemampuan diri, keterampilan yang dimiliki yang menyangkut bidang pekerjaan itu.
Gaji pegawai adalah biaya oprasional yang sifatnya wajib, dan juga asuransi kesehatan untuk pegawai. Biaya Listrik, air, dan telpon adalah biaya yang harus dibayarkan oleh perusahaan setiap bulanya.
Biaya Transportasi pengiriman dan pengambilan barang, biaya tak terduga seperti saat pengiriman barang terkena tilangan dari polisi lalulintas. Ataupun permintaan sumbangan dari wilayah masyarakat sekitar.
Hal diatas baiknya dilakukan sesuai dengan prosedur yang diberlakukan dan mendapat persetujuan dari pemilik perusahaan.








7. BENTUK KEPEMIMPINAN DAN STRKTUR ORGANISASI

7.1 Struktur Organisasi


7.2 Informasi Tentang Partner
Partner yang ada di perusahaan ini adalah :
1.      Ira Karolin, S. AB
Berasal dari Kota Sukabumi, dengan Predikat Pendidikan terakhirnya sarjana Administrasi Bisnis. Partner yang memiliki saham 30 %. Termasuk pada General Partnership, karena ikut serta secara aktif dalam mengoprasikan kegiatan perusahaan.
2.      Megi Arisandi, SE
Berasal dari Kota Bogor, dengan Predikan Pendidikan terakhirnya Sarjana Ekonomi (Jurusan Manajemen). Partner yang memiliki saham 15 %. Termasuk Limited Partnership, tidak memiliki suara dalam mengoprasikan perusahaan sehari –hari, tetapi berhak atas laba yang membaginya  ditetapka seara bersama.

3.      Rinda Hendrawati, SE
Berasal dari Kota Bekasi, dengan Predikan Pendidikan terakhirnya Sarjana Ekonomi (Jurusan Akuntansi). Partner yang memiliki saham 10 %. Termasuk Limited Partnership, tidak memiliki suara dalam mengoprasikan perusahaan sehari –hari, tetapi berhak atas laba yang membaginya  ditetapka secara bersama.

7.3 Uraian Tentang Kekuasaan
Perusahaan di pimpin oleh Rahma Khairunnisa, S.os sebagai Direktur Utama. Dan wakil direktur di duduki oleh Ira Karolin, S.AB. kedudukan yang telah di susun ini sesuai dengan pemegang saham terbesar di perusaan ini.
Dan dibantu pula oleh manager – manager di bidangya seperti manager keuangan, yang mengatur keluar masuknya uang. Manager Pemasaran yang bertugas memasarkan atau mempromosikan produk yang dihasilkan. Manajer Produksi yang bertugas mengatur proses produksi prodak. Dll.
Begitupula manager – manager di bantu oleh bawahannya, seperti sekertaris, para staff office yang membuat laporan – laporan, dan lainnya. Dan para office pun di bantu lagi oleh operator yang melakukan kegiatan produksi pembuatan produk sehingga dibuat laporan agar tercatat keseluruhan kegiatan yang dilakukan dan produk yang dihasilkan. Dan seterusnya.

7.4 Latar Belakang angota Manajemen
Bisnis ini dimiliki bersama dengan sistem bagi modal. Bisnis ini dikelola secara bersama-sama dan tiap orang mempunyai tugas masing-masing. Misalnya bagian personalia yang membentuk tim penyeleksia pegawai, perlu dilatih dan di matangkan kemampuannya. Sehingga tidak mendapatkan kesalahan dalam pemilihan pegawai.
Tim manajemen atau anggota manajemen tidak akan asal kerja. Karena pekerjaan mereka sangat mempengaruhi kegiatan perusahaan.


7.5 Peran dan Tanggung Jawab Personalia Dalam Organisasi
Peran Personalia adalah pemilihan dan penyeleksian pegawai yang akan bekerja di perusahaan tersebut. Atau secara garis besarnya Bagian Personalia bertugas memilih pegawai yang layak , yang baik, berkualitas dan memiliki kemapuan sesuai bidangnya agar bisa membantu mensukseskan perusahaan.
Dan tanggung jawab Bagian Personalia Dalam Oganisasi adalah pegawai yang telah dipilihnya apakah meberikan keuntungan bagi perusahaan atau bahakan membuat perusahaan kehilangan pelangga maka yang mendapat celaan bagian personalia. Karena telah salah memilih pekerja/pegawai. Lalu bagian personalia pun harus bertanggung jawab apabila kelebihan ataupun kekurangan pegawai.





















8.RISIKO

8.1 Evaluasi Tentang Kelemahan Bisnis
Risiko tentang kelemahan bisnis banak macamnya, diantaranya Risiko Alam, Risiko Kredit, Risiko Murni, dll.
·        Risiko Alam
Resiko alam merupakan resiko yang trjadi diluar kendali, atau bisa terjadi tanpa diduga-duga. Contohnya seperti gempa bumi, banjir, angin topan. Risiko ini kemungkinan terjadinya sangat kecil.
·        Risiko Kredit
Risiko ini terjadi sebagai akibat dari debitor yang tidak membayar produk yang telah dibelinya, dengan waktu yang telah disepakati. Sehingga terjadi kerugian karena tidak adanya pembayaran.
·        Risiko Murni
Risiko ini akibatnya hanya mendatangkan kerugian, dan terjadinya risiko tersebut tanpa disengaja. Misalnya kecelakaan kerja, kebakaran, produk yang rusak, pencurian, dll.

8.2 Gambaran Teknologi
Dalam proses produksi menggunakan teknologi terkini, seperti mesin jahit listri, mesin obras, mesin iron, mesin pemotong, dll.
Dapat diperhatikan beberapa contoh gambar mesin – mesin beriku ini :

1.      Mesin Jahit Listrik                              
Mesin jahit yang fleksibel dan aman di gunakan setra dapat memudahkan pegawai untuk bekerja, mesin ini menggunakan tenaga listrik.

2.      Mesin Obras                                           
Mesin Obras atau biasa di sebut jahit pinggir, di gunakan untuk merapihkan jahitan – jahitan agar kainnya tidak rusak. Mensin obras yang digunakan untuk proses produksi sangat aman digunakan, dan mengunakan teanga listrik.
3.      Mesin Iron                                          
Mesin iron atau sering disebutjuga dengan setrikaan ini tujuannya untuk merapihkan pakaian agar tidak kusut. Mesin iron yang digunakan di perusahaan ini sangat memudahkan pekerjaan pegawai karena alat yang disediakannya sangat fleksibel.
4.      Mesin Pemotong                                
Mesin pemotong yang digunakan bukam mennginakan gunting, mesin ini lebih fleksibel dan dapat menghemat banayak waktu. Karena proses pemotongan dengan mesin ini bisa berlapis – lapis kainnya. Sehingga dapat menghemay waktu dan mempercepat pekerjaan.
9. PERENCANAAN PERMODALAN

9.1 Proyeksi Aliran Kas

Dihasilkan dari aliran kas yang masuk, seperti piutang dari pelanggan, keuntungan yang di pinja, dll dapat di perhatikan :

LAPORAN ARUS KAS
Arus Kas dari Aktiva Oprasi
KETERANGAN
PENERIMAAN KAS
PENGELUARAN KAS
SALDO
Penerimaan dari pendapatan oprasi
120.000.000


Pengeluaran kas untuk peralatan

242.000.000

Pengeluaran Kas untuk biaya transpotasi

20.000.000

Pengeluaran kas untuk pembayaran hutang ke Bank

124.000.000

Arus Bersih dari Aktiva Oprasi
120.000.000
386.000.000
(266.000.000)
Arus Kas dari Aktiva Investasi
Pembayaran Gaji
-
172.000.000

Pembayaran Untuk serba - serbi
-
30.000.000

Arus Bersih dari Aktiva Investasi
-
202.000.000
(202.000.000)
Arus Kas dari Aktiva Pendanaan
Penerimaan Kas dari Investor
232.000.000
-

Penerimaan Kas dari Pinjaman Bank
120.000.000
-

Piutang dari Negara pelanggan
194.000.000
-

Arus Bersih dari Aktiva Pendanaan
546.000.000
-
(546.000.000)
Kas Bersih


78.000.000



9.2 Analisa Titik Impas


9.3 Sumber – sumber Permodalan
Modal diperoleh dari pemegang saham, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan pinjaman dari Bank Swasta.
ü  Pemegang saham                        45 %
ü  Pinjaman dari BUMN                    25 %
ü  Pinjaman dari Bank Swasta          30 %











10. APPENDIK
10.1 Surat – surat
Surat – surat mengenai pendirian Perusahaan ini trelampir di halaman berikutya.

10.2 Data Penelitian Pasar
Data megenai penelitian pasar adalah :
No
Negara
Persentase
1
Korea Selatan
74.8 %
2
Korea Utara
71    %
3
Cambodia
48    %
4
Thailand         
52.4 %
5
Philipina         
58    %
6
Vietnam
63.3 %
7
Australia
72.8 %
8
Rusia
42    %
9
Singapura
47.5 %
10
Brunei
51.5 %
Sesuai dengan penelitian besar, sebagian besar Negara menggunakan produk yang perusahaan ini hasilkan oleh perusahaan ini dengan rata – rata 58.13 %.

10.3 Surat Kontrak dan Perjanjian lainnya
Surat kontrak dan perjanjian lain  trelampir di halaman berikutnya.
10.4 Daftar Harga Dari Pemasok Barang
·         Kain Jenis Katun                            :  Rp. 182.000/ pck @ 80 pck
·         Kain Jenis Rayon Acetat                : Rp. 320.000/ pck @ 80 pck
·         Kain Jenis Cotton                           : Rp. 242.000/ pck @ 80 pck
·         Kain Jenis  Polyester                     : Rp. 300.000/ pck @ 80 pck
·         Kain Jenis  Spandex                       : Rp. 160.000/ pck @ 80 pck
·         Kain Jenis  Polymide /Nylon          : Rp. 333.000/ pck @ 80 pck
Surat Izin Usaha Industri



Surat Izin Tempat Usaha


Surat Kontrak



Surat perjanjian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar